rental mobil jogja murah dengan sopir dan lepas kunci

Penang Bridge – Jembatan Terpanjang Yang Ada di Malaysia

Penang Bridge

Penang Bridge (Jembatan Penang) – Kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai salah satu jembatan terpanjang di Asia Tenggara, namanya adalah Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah atau yang lebih dikenal dengan Penang Bridge. Penang Bridge ini berada di Benua Asia (Asia Tenggara) tepatnya di negara Malaysia. Pada tahun 2014 silam, Penang Bridge ini telah di resmikan dan menjadi penghubung utama antara Malaysia dengan Pulau Penang.

Terkenal sebagai jembatan yang sangat panjang, Penang Bridge ini memiliki panjang 24 kilometer dengan 16.9 kilometer jalannya berada di atas air. Penang Bridge di desain menyerupai bentuk S dan dirancang sebagai jembatan yang tahan gempa bumi hingga 7.5 SR. Penang Bridge adalah jalan tol yang menghubungkan Malaysia dengan Pulau Penang, bagi yang melewatinya haruslah membayar biaya tol.

Penang Second Bridge

Perlu di ketahui, sebenarnya Penang Second Bridge ini sudah mulai dibangun pada tahun 2008 silam dan diprediksi akan selesai pada tahun 2012, akan tetapi ada kendala dalam hal biaya pembangunan yang menyebabkan pembangunan Jembatan Penang terhambat. Pada akhirnya pembangunan Penang Bridge harus selesai pada tahun 2014 dan pada tahun itu juga Jembatan Penang mulai di resmikan.

Pembangunan Jembatan Penang membutuhkan biaya yang sangat banyak, pengeluaran biaya untuk pembangunannya berkisar 4,5 Milliar Ringgit Malaysia atau setara dengan 1,7 Milliar US Dollar.

Sebelumnya dibangun Penang Bridge, memang sudah ada jembatan penghubung antara Malaysia dan Pulau Penang. Jembatan ini bisa di sebut Jembatan Penang Pertama. Namun, Jembatan Penang Pertama tidak sepanjang Penang Second Bridge, panjangnya hanya separuh dari dari Penang Bridge, yakni 13.5 Kilometer. Seiring berjalannya waktu, peningkatan populasi di Pulau Penang membuat mobilitas masyarakat semakin padat, hal inilah yang melatarbelakangi dibangunnya Penang Second Bridge.

Jembatan Penang Pertama dibuat langsung George Town (Ibu Kota Penang) dari Malaysia, namun untuk Penang Second Bridge dibuat di wilayah selatan, hal ini guna untuk memudahkan masyarakat yang ingin mengunjungi Pulau Penang dari Malaysia tidak harus memutar atau melintasi George Town. Penang Second Bridge ini terpancang dari daratan Malaysia yaitu Batu Kawan menuju ke Batu Maung yang ada di Pulau Penang.

Untuk mengunjungi Pulau Penang dari Malaysia, membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit berkendara dan sebaliknya. Batas kecepatan kendaraan yang melintasi Jembatan Penang ini adalah 80km/jam.